MAN 3 Kulonprogo Berpredikat ‘Madrasah Plus Keterampilan’

KULON PROGO, KRJOGJA.com – Keluarga besar MAN 3 Kulonprogo berbahagia karena Selasa (01/09/2020) lalu secara resmi menerima Surat Keputusan dari Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai “Madrasah Plus Keterampilan”.

Penyerahan SK tersebut secara langsung diterima oleh Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh Fadlil Afif Lc di Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut dirinya mengungkapkan, ada potensi di bidang keterampilan yang dimiliki MAN 3 Kulon Progo.

“Ketrampilan bisa menjadi salah satu unggulan dan daya tarik MAN 3 Kulon Progo kedepan, disamping juga keunggulan di bidang lain,” ungkap Fadlil.

Baginya, bekal keterampilan adalah hal mutlak yang harus diberikan ke siswa. Sebab, keterampilan sangat diperlukan ketika menghadapi dunia kerja atau modal ketika ingin berwirausaha.

“Ketika anak lulus dari MAN 3 Kulon Progo, mereka tidak bingung, dengan bekal keterampilan yang dimiliki bisa ambil keputusan. Kuliah, bekerja, atau berwirausaha,” jelas Fadlil.

Penyerahan SK sebagai Madrasah Plus Keterampilan tersebut dilakukan disela sosialisasi program Modified Teaching Factory kepada Madrasah Unggulan di DI Yogyakarta. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Drs H Edhi Gunawan M PdI menjelaskan, dengan program tersebut madrasah mampu meningkatkan daya saing madrasah dengan sekolah umum dan kejuruan.

“Lewat program itu masing-masing madrasah memiliki sebuah keunggulan untuk meningkatkan mutu, selain itu juga mempunyai inovasi dan memiliki orientasi terhadap prestasi,” jelasnya. Adapun program keterampilan yang dimiliki MAN 3 Kulon Progo adalah tata boga, tata busana, dan teknik instalasi tenaga listrik. (*)

BERITA REKOMENDASI