Mantan Bupati Kulonprogo, Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Haji Toyo Santoso Dipo yang pernah menjabat Bupati Kulonprogo 2 periode (2001-2011), meninggal dunia di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Sabtu (31/7) sekitar pukul 17.51 WIB.

Wakil Bupati (Wabup) setempat, Fajar Gegana yang masih ada hubungan kerabat dengan almarhum membenarkan berita duka meninggalnya Toyo Santoso Dipo. Toyo meninggalkan satu istri dan lima anak serta empat cucu.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, berita duka, telah meninggal dunia, Bapak H Toyo Santoso Dipo, Bupati Kulonprogo 2001-2011. Semoga almarhum khusnul khotimah. Beliau meninggal sakit sepuh

,” kata Fajar melalui pesan singkatnya.

Diungkapkan, almarhum sudah sekitar dua bulan menjalani perawatan di rumah sakit. Bagi Fajar Gegana, sosok Toyo merupakan motivatornya. “Beliau merupakan sang maestro bagi para politisi Kulonprogo. Terlebih saya masih punya hubungan famili. Kami para politisi banyak belajar dari beliau. Banyak murid dan pengikut beliau yang berhasil menjadi pemimpin. Sehingga jasa almarhum semasa hidupnya sangat luar biasa,” ujarnya.

Toyo menjabat Bupati Kulonprogo selama 10 tahun. “Beliau bupati pertama yang terlahir dari sistem demokrasi setelah reformasi. Jasa-jasa beliau dalam pembangunan di Kulonprogo juga sangat luar biasa dengan visi misinya yang terkenal ‘Tirto Margo Saras’,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI