Maret Tahun Depan BIY Beroperasi Penuh

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) tidak lama lagi akan rampung. Hingga akhir pekan lalu sudah lebih dari 90 persen penyelesaiannya. Direncanakan awal 2020 sudah selesai dan pada Maret 2020 sudah dioperasionalkan penuh.

Bandara yang memiliki terminal penumpang tiga lantai dengan luas 219.000 meter persegi, berkapasitas 20 juta penumpang pertahun itu mampu didarati pesawat berbadan besar yaitu Boeing 777-300 dan Airbus A380. Bandara ini memiliki landas pacu atau runway sepanjang 3.250 x 45 meter dengan shoulder atau bahu runway 15 meter di setiap sisi. Adapun fasilitas penyelamatan kecelakaan pesawat dan pemadam kebakaran masuk kategori 8.

Baca juga :

Safrudin Tamar, Pemuda Penyembuh Berbagai Penyakit dari Banyuurip
Perda Miras Dinilai Sudah Usang

Menurut Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) I, Handy Heryudhitiawan bahwa pembangunan BIY hampir tuntas. Progress pembangunan bandara di pesisir selatan Kecamatan Temon tersebut hingga 8 Desember 2019 telah mencapai 90 persen.

“Saat ini fokus pekerjaan meliputi penyelesaian pekerjaan interior terminal penumpang dan jalan layang menuju area keberangkatan lantai tiga,” katanya, akhir pekan lalu.

Manajemen PT AP I selaku pengelola BIY, kata Handy, menargetkan bandara baru tersebut beroperasi penuh pada Maret 2020 dan memindahkan seluruh penerbangan domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto ke BIY. Sementara itu Direktur Utama PT AP I, Faik Fahmi memastikan bahwa proses pemindahan penerbangan akan melibatkan banyak pemangku kepentingan, sehingga serentak atau tidaknya proses pemindahan penerbangan juga bergantung pada kesiapan masing-masing maskapai penerbangan.

Dalam pembangunannya BIY dilengkapi 5 unit fixed bridge dan apron seluas 371.205 meter persegi berkapasitas 22 parking stand. Luas terminal kargo 12.000 meter persegi dengan kapasitas 40.300 ton pertahun.

Gedung parkir tiga lantai dengan luas area 137.280 meter persegi yang mampu menampung ribuan kendaraan juga menambah kelengkapan fasilitas. Di dalam terminal penumpang, tersedia 12 konter check-in, dua x-ray, dua walk through metal detector (WTMD), 400 kursi tunggu, enam konter imigrasi serta dua baggage conveyor. (Rul)

BERITA REKOMENDASI