Masa Pandemi, Keuntungan Hasil Panen Capai Rp 66 M

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bangga dengan semangat dan kegigihan para petani bawang merah di Bulak Srikayangan Kalurahan Srikayangan Kapanewon Sentolo. Bahkan Bupati setempat Drs Drs Sutedjo memuji hasil panen mereka yang sangat bagus, sehingga diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan para petani bawang merah apalagi harga bawang merah saat ini sedang bagus-bagusnya.

“Semangat para petani bawang merah di Srikayangan untuk bangkit memang luar biasa. Bagaimana tidak, jika beberapa waktu lalu daerah ini sempat menjadi pusat perhatian karena kasus Covid-19 tapi dalam waktu cepat mereka berusaha secara maksimal khususnya di sektor pertanian sehingga sekarang hasil panen bawang merah mereka betul-betul bagus dan ini sangat membanggakan kita semua,” kata Bupati Sutedjo di sela panen raya bawang merah dihadiri Wabup Fajar Gegana, anggota Fraksi PDIP DPRD DIY Drs Sudarto, Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Muh Aris Nugroho, Senin (19/10/2020).

Bupati berharap para petani bawang merah memanfaatkan sebaik-baiknya hasil panen mereka. “Uang hasil penjualan hendaknya digunakan sebaik-baiknya dan penuh perencanaan. Dana jangan dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumtif tapi untuk investasi demi kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Guna menghasilkan panen yang bagus, Bupati Sutedjo berharap kalangan para petani memiliki pemikiran-pemikiran baru yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian mereka. “Dalam kondisi seperti sekarang petani dituntut untuk berinovatif dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo selalu mendukung petani melakukan moderenisasi alat pertanian sehingga petani tidak tertindas perubahan zaman,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI