Masuk KSPN Borobudur, BOB Minta Pelaku Obwis Kulonprogo Terapkan Prokes

BOB ungkapnya sedang fokus melakukan pemantauan destinasi wisata yang diizinkan buka benar-benar menerapkan prokes. “Kalau kita bicara di level Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Ripparnas) maka KSPN Borobudur terdiri dari tiga destinasi pariwisata nasional, yaitu Yogya Borobudur dan sekitarnya. Solo Sangiran dan sekitarnya. Kemudian Semarang Karimunjawa sekitarnya,” ungkap Agus Rochiyardi.

Ditambahkan, selain mempersiapkan para pengelola wisata menerapkan prokes, BOB juga terus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah, termasuk di wilayah DIY. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 juga dipadukan dengan keberadaan destinasi wisata.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di destinasi pariwisata memiliki fungsi ganda. Promosi destinasi dan promosi kesehatan. Vaksinasi bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif DIY juga merupakan bagian dari upaya menyiapkan ketahanan SDM bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu juga untuk menunjukkan DIY serius dalam upaya menciptakan ‘herd immunity’ sehingga ekonomi DIY bangkit dimulai dari sektor pariwisata,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI