Masyarakat Bukan Penumpang Pesawat Bisa Gunakan KA Bandara

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Masyarakat umum bisa menggunakan kereta api (KA) bandara bersamaan mulai dioperasikan Yogyakarta International Airport (YIA). Jadwal pemberangkatan Stasiun Maguwo – Stasiun Wojo, satu kali perjalanan sehari pulang – pergi disesuaikan jadwal penerbangan di YIA.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto dan Kepala Stasiun Wates, Burhani mengatakan sejak Senin (06/05/2019) telah mengoperasikan KA YIA dengan rute Stasiun Maguwo – Stasiun Wojo. “Masyarakat bisa menggunakan KA bandara, meskipun bukan penumpang pesawat yang akan terbang dari YIA. Pemberangkatan KA bandara disesuaikan dengan jadwal penerbangan di YIA,” ujar Burhani.

Menurutnya, jadwal KA bandara berangkat dari Stasiun Maguwo pukul 10.40, berhenti di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates dan berakhir di Stasiun Wojo pukul 11.26. Sedangkan KA Bandara yang berangkat dari Stasiun Wojo pukul 14.04, berhenti di Stasiun Wates, Stasiun Yogyakarta dan berakhir di Stasiun Maguwo pukul 14.55.

Untuk harga tiket Rp 15.000 yang pembelian dilayani tiga jam sebelum pemberangkatan di loket Stasiun KABandara. “Bagi penumpang yang berangkat dari Stasiun Wates, KA bandara bisa mengisi kekosongan jadwal pemberangkatan KA lokal,” jelasnya.

Eko Budiyanto mengatakan, kapasitas penumpang KA bandara sebanyak 195 tempat duduk. Kapasitas penumpang tersebut cukup untuk melayani jadwal penerbangan satu kali sehari di YIA. Kapasitas penumpang rangkaian kereta akan disesuaikan setelah bandara beroperasi penuh.

Harga tiket satu kali perjalanan Rp 15.000, katanya, tidak termasuk tiket bus dari Stasiun Wojo menuju ke YIA. Di Stasiun Wojo sudah ada bus bandara yang disiapkan oleh pihak ketiga. Lebih lanjut Burhani menjelaskan dari hasil pemantauan dioperasikan KA bandara selama tiga hari terakhir, rangkaian KA bandara yang berangkat dari Stasiun Wojo maupun Stasiun Maguwo telah terisi penumpang. “Sampai di Stasiun Wates tidak bisa membedakan penumpang pesawat yang berangkat atau turun di YIA,” jelasnya.

Adanya jadwal pemberangkatan KA bandara dari Stasiun Wates, bisa menjadi alternatif bagi calon penumpang KA lokal. Jika pada hari-hari biasa hanya dilayani KA Pramek dan Solo Ekspres, setelah YIA beroperasional dapat dilayani menggunakan KA bandara. (Ras)

BERITA REKOMENDASI