Masyarakat Harus Siap dan Tanggap Hadapi Aeroropolis

Lebih lanjut Sutedjo mengatakan, kondisi masyarakat sebelum YIA dibangun adalah masyarakat tradisional agraris yang memiliki karakteristik tertentu, yaitu sebagian besar bekerja di bidang pertanian sebagai petani dan buruh tani. Setelah YIA dibangun terjadi perubahan sosial menuju masyarakat industri dan pariwisata yang memiliki karakteristik khusus sesuai perkembangan zaman, teknologi dan informasi.

“Masyarakat mau tidak mau harus siap, keberadaan dan perkembangan YIA adalah momentum yang sangat strategis dan harus dimanfaatkan sebesar-besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kulonprogo, tapi tidak meninggalkan kearifan dan budaya lokal”, imbuh Sutedjo.

Koordinator Standarisasi dan Sosialisasi Pelayanan Kesejahteraan Sosial B2P3KS Yogyakarta Drs Luswihadi menjelaskan, ‘workshop’ sebagai validasi draft model penyiapan masyarakat menghadapi era aerotropolis Kulonprogo sebagai hasil investigasi dan asesmen sosial B2P3KS Kemensos RI 2019-2020 untuk diuji coba kelayakannya secara empirik pada setting masyarakat tertentu. (Rul)

YIA

BERITA REKOMENDASI