Masyarakat Perlu Mewaspadai Datangnya ‘Pageblug’ dan ‘Sindhung Riwut’

WATES, KRJOGJA.com – KH Jazim Khamidi sebagai pengasuh Padepokan Kiai Kelik di Kularan Triharjo Wates Kulonprogo mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini sampai beberapa tahun mendatang ada tiga ancaman yang harus diwaspadai sekaligus ditangkal bersama. Tiga ancaman dimaksud terdiri lomba bencana, sindhung riwut, dan pageblug.

“Tiga ancaman selama beberapa tahun terakhir ini semuanya merupakan akibat tiga penyakit yang menghinggapi masyarakat dalam puluhan terakhir ini. Yakni penyakit keinginan, penyakit peningkatan, dan penyakit maksiat,” ungkapnya kepada KR, Sabtu (2/5).

Disebutkan, dalam beberapa tahun terakhir ini bangsa Indonesia secara beruntun telah diancam berbagai bencana, seperti gempa, banjir, angin kencang, gunung meletus, disusul wabah virus Korona atau Covid-19. “Seolah bangsa ini terus-menerus menghadapi lomba bencana. Apabila bencana-bencana tersebut tidak bisa`ditanggulangi,
maka akan muncul kondisi sindhung riwut dan pageblug. Ibaratnya, saat ini kita sedang berada di alam kiamat qubro untuk keimanan dan ketaukhidan kita,” tandas KH Jazim Khamidi yang akrab dengan sebutan Kiai Kelik.

BERITA REKOMENDASI