MDMC Kulonprogo adakan SPAB dan Jamtana

KULONPROGO, KRJOGJA.com -Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan  pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB ) dan Jamaah Tangguh Bencana (Jamtana) untuk masyarakat Kecamatan Panjatan  Minggu (29/09/2019), di Gedung IPHI setempat.

Di dalam kegiatan tersebut juga diluncurkan kajian AMM yaitu Kammanjaya. LPB Muhammadiyah Kulonprogo mengawali rangkaian kegiatan SPAB dan Jamtana di Kecamatan Panjatan ini dengan melibatkan semua komponen Muhammadiyah baik PCM, PCA, AMM Cabang Panjatan.

Diawali dengan pemberian materi tentang SPAB dan Jamtana, meliputi Fiqh Kebencanaan diberikan oleh H Muh Nur Amin SSHI dari LPB Bantul, Managemen Posko Muh Hanif SPd dari LPB Wilayah, PPGD oleh PKU MUH BANTUL, dan tanggap bencana disampaikan Budi Santoso dari LPB PPMuhammadiyah. 

Menurut Ketua panitia yang juga Wakil Ketua LPB Muhammadiyah Kulonprogo Sunarwibowo, tujuan kegiatan ini terbentuknya sekolah, pesantren, dan jamaah di wilayah Kecamatan Panjatan yang tangguh dan siap dalam menghadapi bencana, dikarenakan berada di wilayah rawan bencana.

"Kegiatan ini tidak hanya memuat teori, tetapi juga praktek dan simulasi. Ini bertujuan untuk melatih ketrampilan dan pemahaman untuk menghadapi bencana," kata Sunarwibowo. (Wid)
 

BERITA REKOMENDASI