Melawan Arus Lalu Lintas, Truk Damkar Tabrak Avanza

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Mobil mini bus Toyota Avanza AB 1554 L dikemudikan Sutarta (43), warga Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates ringsek akibat ditabrak truk pemadam kebakaran (damkar) Kulonprogo, AB 9005 UL yang disopiri Kornelius Hadi Susanto (32) warga Kalurahan Jatisarono, Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo. Sementara becak milik Subari (61) warga Terbah, Wates juga mengalami kerusakan cukup parah.

Kecelakaan lalu-lintas (laka lantas) tersebut terjadi di Jalan Perwakilan, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates. Tepatnya di depan kantor Pemkab Kulonprogo, Sabtu (5/6).
Peristiwa naas bermula saat truk damkar melaju dari arah timur ke barat. Truk tersebut dalam perjalanan untuk menindaklanjuti laporan adanya kebakaran di wilayah Kalurahan Jangkaran Kapanewon Temon. Semula mobil damkar hendak ke arah selatan menyeberang pintu perlintasan kereta api, tapi karena ada kereta lewat dan pintu kereta ditutup maka sopir truk, Kornelius Hadi Susanto nekat ambil jalan kanan yang satu jalur. Bersamaan dengan itu dari arah berlawanan atau sesuai arus lalu-lintas, melaju Toyota Avanza yang dikemudikan Sutarta (43).

“Melihat lokasi kejadian, truk damkar memang melawan arah lalu-lintas. Ketika masuk jalur satu arah, damkar sudah menyalakan rotator dan sirine. Tapi karena jarak terlalu dekat, damkar menghantam bodi kanan Avanza,” kata Penyidik Unit Laka Lantas Satlantas Polres Kulonprogo, Aipda Tejo Wiguna.

Setelah dihantam truk damkar, mobil Avanza oleng ke arah kiri dan menghantam becak yang terparkir di pinggir jalan. Beruntung pemiliknya sedang duduk di taman dekat lokasi kejadian, sehingga selamat. Sesaat setelah kejadian, sopir Avanza dan seorang penumpang dilarikan ke RSUD Wates. Sementara pengemudi truk damkar dan pemilik becak tak mengalami luka.

“Peristiwa laka lantas sedang kita dalami dan kami juga sedang konfirmasi terkait laporan kebakaran di Temon,” ujar Aipda Tejo.

BERITA REKOMENDASI