Mensos Beri Penghargaan Penerima PKH yang ‘Lulus’ di Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

Sementara Mensos juga menyerahkan penghargaan kepada KPM Graduasi yakni Murni Caturwati (51), KPM PKH asal Kabupaten Kulonprogo. Keputusan graduasi mandiri mendapat apresiasi dari Mensos dengan proses yang ternyata tidak mudah sebelum menerima bantuan PKH.

“Dulu, saya masih punya 2 anak yang harus dipenuhi kebutuhan sekolahnya, dan pada saat itu, saya belum memiliki tempat tinggal tetap untuk berteduh (rumah). Lalu merintis usaha toko kelontong yang dikelola mandiri sejak menikah tahun 2005,” ungkapnya.

Dari warung 2,6 x 6 meter tersebut keluarga Catur terus berupaya bergerak maju yang akhirnya terus berkembang. Sejak akhir 2019, ia memutuskan untuk melakukan graduasi, tak lagi menerima manfaat pemerintah karena usaha yang semakin berkembang.

“Alhamdulillah, perlahan-lahan dijalani, ditekuni, seiring berjalannya waktu, omset perputaran warung saya sekarang setidaknya Rp 2,5 juta/hari. Kini, omsetnya mampu mencapai hingga Rp 75 juta/bulan dan memutuskan graduasi mandiri pada akhir tahun 2019,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI