Mensos Resmikan E-Warong Kube

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO (KRjogja.com) – Menteri Sosial, RI Khofifah Indarparawansa meresmikan elektronik warung gotong royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik Program Keluarga Harapan (e-Warong Kube PKH), Jumat (26/8/2016), di Lapangan Desa Krembangan Kecamatan Panjatan.

Peresmian e-Warong Kube PKH ditandai dengan penyerahan kartu, penyerahan bantuan PKH, melihat penarikan uang lewat ATM dengan kartu PKH, meninjau pelaksanaan e-Warong Kube milik Ny Parjiyem dan melihat transaksi. E-Warong Kube yang diresmikan tersebut merupakan sinergi antara  BNI, Bulog, serta Kemensos RI.

Dikatakan Menteri Sosial RI Khofifah Indarparawansa menyatakan inovasi e- Warong ini dilatarbelakangi oleh keinginan luhur mensejahterakan masyarakat Indonesia dan memerdekakan bangsa dari kemiskinan.

"E-Warong dimaksudkan untuk mengintegrasikan bantuan sosial (bansos) lebih tepat sasaran, waktu, kualitas, maupun jumlah. E-Warong merupakan badan hukumnya koperasi, sehingga semua penerima rastra akan menjadi anggota koperasi, dan tiap bulan mereka akan menerima transfer untuk rastra yang sekarang dalam bentuk bantuan pangan, bukan subsidi pangan. Penerima PKH dengan kartunya boleh menentukan beras, gula, minyak goreng, tepung, keempatnya itu sudah dikunci dan tidak bisa untuk kebutuhan lainnya," kata Khofifah.

Meski e-Warong Kube merupakan sinergitas BNI, Bulog, dan Kemensos, namun perlu support dari pemkab, kades/lurah menjadi sangat penting karena kemungkinan di awal-awal akan muncul kecemburuan dari warung di sekitar, sebab harga sembakonya relatif lebih di bawah warung sekitarnya," tandasnya.

Pengembangan program ini, lanjut Khofifah, secara nasional akan diupayakan mencapai 302 e-Warong pada tahun 2016, dan tahun 2017 3.000 e-Warong yang didukung oleh kegiatan  Direktorat Jenderal PFM berupa Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) untuk Kube PKH.

Bagi BNI, kata Direktur Utama BNI Suprajarto, peluncuran e-Warong Kube ini merupakan yang ke-11 kalinya. "Kami menjadikan e-Warong Kube sebagai agen Laku Pandai BNI yang dinamai Agen46. Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga penerima manfaat bantuan sosial dan subsidi dapat mencairkan bantuan dari pemerintah tersebut di jaringan e-Warong Kube, seluruh outlet dan ATM BNI, maupun jaringan yang dimiliki oleh bank-bank milik negara yakni BRI, Mandiri, dan BTN," katanya.

E-Warong Kube juga beroperasi sesuai dengan konsep Rumah Pangan Kita (RPK) yang dikembangkan oleh Bulog. Karena itu tertanam juga fungsi sebagai penjual barang-barang kebutuhan pokok (RPK) plus fungsi sebagai Branchless Banking (sebagai Agen46), sehingga menjadi sebuah perpaduan yang lengkap. (Wid)

 

 

BERITA REKOMENDASI