Miliki Potensi Besar, Pariwisata Semakin Berkembang Jika Ditunjang SDM yang Mumpuni

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Direktur Destinasi Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) Agustin Perangin-angin menjelaskan, potensi pariwisata di sebuah wilayah jika tidak ditunjang sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni tentunya berimplikasi terhadap kurangnya kemampuan untuk berdaya saing. Sehingga diperlukan pelatihan dan pendampingan bagi pengelola destinasi wisata tersebut.

“Pelatihan yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Jana Dharma Indonesia yang telah berlangsung lima hari dan diikuti 20 peserta pelaku wisata dari sejumlah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kalurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo diharapkan berdampak positif, khususnya terhadap peningkatan SDM pariwisata,” kata Agustin yang hadir secara daring saat penutupan pelatihan, pendampingan dan pengelolaan desa wisata serta daya tarik wisata di Balai Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo, Sabtu (16/4/2022).

Agustin Perangin-angin mengungkapkan, selama kurun waktu dua tahun terakhir, peranan desa wisata yang berada di sekitar kawasan Otorita Borobudur dalam mendorong pertumbuhan pariwisata patut diapresiasi. Jumlah pengunjung desa wisata naik hingga 40 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita ingin perkuat pokdarwis yang mengikuti kegiatan pelatihan agar mampu mendongkrak potensi lokal yang dimiliki masing-masing kalurahan. Kami memang menaruh perhatian besar terhadap pengembangan SDM pariwisata sebagai aset penting yang harus dikembangkan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI