Monumen Pahlawan Sanoen Diresmikan

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo membuat Taman Wisata Monumen Perjuangan Sanoen di Pedukuhan Sentolo Lor, Kalurahan/ Kapanewon Sentolo. Peresmian Taman Wisata Monumen Perjuangan Sanoen sebagai wujud kolaborasi wisata dan sejarah tersebut dilakukan Bupati Drs Sutedjo saat kegiatan Sambang Kulonprogo atau ‘Sambanggo’, Senin (04/04/2022).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo Joko Mursito SSn mengatakan, taman tersebut merupakan wujud apresiasi terhadap perjuangan pahlawan lokal Kulonprogo yaitu Sanoen yang dikemas dalam bentuk monumen. Diharapkan monumen itu menjadi media dan tempat pembelajaran sejarah perjuangan Kulonprogo.

“Sanoen merupakan tokoh pahlawan Kulonprogo, simbol perjuangan kemerdekaan Indonesia di Kulonprogo, tempat inilah bukti sejarah dimana merupakan tempat wafatnya Sanoen saat berjuang,” kata Joko menambahkan selain sebagai media pembelajaran sejarah perjuangan, monumen Sanoen diharapkan sebagai penanda dan awal di wilayah Sentolo yang memiliki destinasi wisata baru dalam bentuk monumen.

Bupati setempat Sutedjo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mewujudkan Monumen Perjuangan Sanoen ini dan berharap perjuangan Sanoen dapat menginspirasi semua pihak.

“Kami berharap ini dapat menginspirasi kita semua, Sanoen gugur untuk kemerdekaan, sekarang kita sudah merdeka, mari kita bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan membangun lahir batin membangun bangsa ini,” kata Sutedjo.

Dansat Brimob Polda DIY Kombes Pol Imam Suhadi SIK mengatakan saat itu Sanoen merupakan anggota Brimob. Tentang program-program yang dilaksanakan Pemkab utamanya Dispar sangat bagus untuk memotivasi masyarakat, generasi muda khususnya Korps Brimob.

“Perjuangan pahlawan Sanoen senantiasa menyemangati kita dan kami sangat tersanjung sekaligus bangga. Apa yang sudah dilakukan beliau (Sanoen-Red.) jangan berhenti begitu saja dan hendaknya menjadi motor atau semangat masyarakat Kulonprogo dalam pembangunan,” kata Kombes Imamn. (Rul)

BERITA REKOMENDASI