Muara Sungai Bogowonto Dibuatkan Jalur Aliran Air

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pasir laut yang menutup muara atau sowangan Sungai Bogowonto mulai dibuka dengan pembuatan jalur aliran sungai. Pembuatan aliran sungai guna mengantisipasi terjadi banjir besar di awal musim penghujan tahun ini. Dalam kondisi muara sungai tertutup pasir, luapan banjir berpotensi merendam usaha budidaya tambak dan pemukiman penduduk di wilayah perbatasan Kabupaten Kulonprogo dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Pengerukan pasir baru sebatas magang atau membuat jalur aliran sungai ke arah sowangan. Untuk pembukaan muara secara keseluruhan, masih menunggu waktu yang tepat,” ujar Murtakil Humam, Kepala Desa (Kades) Desa Jangkaran di muara Sungai Bogowonto.

Wilayah berpotensi terdampak luapan banjir Sungai Bogowonto meliputi dua pedukuhan di Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo. Wilayah terdampak di Kabupaten Purworejo meliputi Desa Jogoboyo, Karanganyar, Gedangan, Jatikontal, Jatimalang dan sebagian wilayah Desa Ngentak.

Menurutnya, banyak menerima permintaan dari warga agar desa segera membuka muara sungai yang tertutup pasir laut. Untuk mempermudah membuka muara, menunggu ada peningkatan arus sungai dan gelombang laut selatan normal.

Ketua Forum Muara Bogowonto, Purwo Sarjono menjelaskan timbunan pasir laut yang menutup muara Sungai Bogowonto lebih banyak dibandingkan musim kemarau tahun sebelumnya. Panjang timbunan pasir lebih dari 300 meter.

Menurutnya, jika sudah ada tanda-tanda alam akan banjir besar, masyarakat di sekitar muara bergotong royong membuka muara. Di antaranya ditandai ada kenaikan permukaan air sungai, mendung gelap disertai petir di hulu sungai dan gelombang normal di laut selatan.

“Di wilayah selatan memang sudah ada hujan. Akan menghadapi kendala untuk membuka muara sungai dalam kondisi gelombang laut besar dan belum ada kenaikan permukaan air sungai,” ujar Purwo Sarjono.

Pasir laut menutup muara sungai, katanya, menjadi fenomena alam yang terjadi setiap tahun di musim kemarau yaitu pada saat aliran sungai mengecil dan terjadi gelombang besar di laut selatan. (Ras)

BERITA REKOMENDASI