Mudik Lebaran, Dishub Petakan Titik Ruas Jalan Rawan Laka

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik pada musim mudik dan balik Lebaran 2022 maka Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo telah memetakan sejumlah titik ruas jalan yang rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Kepala Dishub setempat L Bowo Pristiyanto menjelaskan, kerawanan terdapat di jalan nasional, Jalur Jalan Lintas Selatan Selatan (JJLSS) maupun jalan di perbukitan menoreh.

Dari hasil pemetaan kami, titik kerawanan di sepanjang ruas jalan nasional mulai dari Jembatan Bantar di Kapanewon Sentolo hingga Kapanewon Temon perbatasan wilayah Purworejo Jateng.

“Seperti di simpang tiga Toyan Kalurahan Triharjo Kapanewon Wates, Milir, Kalimenur dan sekitar Jembatan Bantar. Sedangkan di ruas Jalan Daendels, sekitar Karangwuni dan Pasar Temon. Titik kerawanan di wilayah utara ada di tanjakan Bibis, Girimulyo dan di jalan Dekso, Kalibawang hingga Plono, Samigaluh,” kata Bowo, Rabu (20/4/2022).

Diingatkan, ruas jalan di wilayah utara kawasan perbukitan Menoreh, jalannya memang bagus dan penerangan sudah terpasang di titik jalan yang rawan. Tapi medan jalannya terjal, sehingga masyarakat dari luar daerah diimbau ekstra berhati-hati.

BERITA REKOMENDASI