Mulai Hari Ini, Operasi Patuh Progo Libatkan 134 Personel

Editor: KRjogja/Gus

WATES, KRJOGJA.com – Sebagai tanda dimulainya operasi lalu lintas yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, Polres Kulonprogo Polda DIY melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Progo 2020 di halaman Mapolres setempat, Kamis (23/7). Apel dipimpin Waka Polres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan SPd MM.

Waka Polres Kulonprogo, Kompol Sudarmawan SPd MM mengatakan, Operasi Patuh Progo 2020 dilaksanakan selama 14 hari mulai 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020 dengan melibatkan 134 personel. Giat ini untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Lokasi giat Operasi Patuh Progo 2020 di daerah rawan pelanggaran lalu lintas, yakni Jalan Perwakilan depan Pemkab Kulonprogo dan Jalan Brigjen Katamso Wates serta kawasan rawan kecelakaan lalu lintas di Jalan Wates-Yogya Km 16 wilayah Pongangan Sentolo,” kata Kompol Sudarmawan.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto SH MM menambahkan, ada 4 skala prioritas yang menjadi target sasaran dalam Operasi Patuh Progo 2020 di wilayah Kulonprogo, yakni pengendara tidak menggunakan helm SNI, melawan arus lalu lintas, kendaraan menggunakan knalpot blombongan dan kelengkapan kendaraan bermotor seperti spion, lampu kendaraan dan sabuk keselamatan.

“Jumlah pelanggaran selama Operasi Patuh Progo 2019 sebanyak 5.776 pengendara kena tilang dan 589 pengendara kena teguran, dengan lakalantas sebanyak 1 kejadian tidak ada korban jiwa. Sedangkan dari Januari-Juni 2020 terjadi 271 lakalantas,” jelasnya. (M-4)

BERITA REKOMENDASI