Ngelas Drum, Bengkel Meledak

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Ledakan terjadi di sebuah bengkel las milik Raskanto yang berada di wilayah Pedukuhan Karang Tengah Kidul Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, Rabu (10/02/2021). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun pemilik bengkel mengalami luka-luka.

Salah satu pekerja bengkel, Fahrun Hidayat saat ditemui di lokasi kejadian menuturkan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Bermula saat teman kerjanya, Riyan sedang mengelas sebuah drum untuk membuat bak penampungan air.

“Kemungkinan Riyan kurang hati-hati saat mengelas drum yang diketahui merupakan bekas tempat tinner. Saat sedang mengelas, drum itu tiba-tiba meledak hingga tutupnya terpental. Akibatnya, Riyan mengalami sesak di dada, sedangkan pemilik bengkel mengalami luka sobek di bagian kaki kiri dan langsung dibawa ke RSUD Wates,” katanya.

Kapolsek Pengasih, Kompol Topo Subroto mengatakan, dari hasil pemeriksaan, ledakan ini terjadi saat salah satu pekerja mengelas drum dalam keadaan tertutup rapat hingga mengakibatkan tekanan udara di dalam drum meningkat sehingga menimbulkan ledakan.

“Info awal ada salah satu pekerja yang membuat bak penampungan air yang berbahan drum bekas wadah tinner. Karena tertutup rapat kemungkinan menjadi penyebab terjadinya ledakan. Petugas masih melakukan penyelidikan,” jelasnya. (M-4)

BERITA REKOMENDASI