Obwis di Kulonprogo Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Semua objek wisata (obwis) di Kabupaten Kulonprogo akan tetap buka seperti biasa pada musim libur Lebaran Idul Fitri 1442 H. Kendati demikian para pengelola obwis diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) penanganan Covid-19 secara ketat, agar tidak timbul klaster baru.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para pengelola objek wisata agar tidak lengah terhadap potensi penularan Covid-19. Koridor atau peraturan terkait dengan penerapan prokes harus selalu diterapkan,” katanya, Senin (10/05/2021).

Terkait jumlah obwis, ada delapan destinasi wisata yang dikelola pemerintah dan 23 destinasi dikelola masyarakat. Pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana pencegahan Covid-19. “Semua destinasi wisata sudah siap menyambut para wisatawan pada musim libur Lebaran tahun ini. Dengan tetap menerapkan prokes secara ketat,” ujar Joko Mursito.

Jika ada wisatawan luar daerah berwisata ke Kulonprogo maka pengelola obwis akan melakukan screening berupa pengecekan surat bebas Covid-19 yang dibuktikan hasil rapid test atau swab antigen. “Apabila ada wisawatan luar daerah tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 tentu ada tindakan berupa putar balik atau permintaan untuk melakukan tes terhadap wisawatan,” tuturnya.

Secara terpisah pengelola Wisata Pasir Kadilangu, Kapanewon Temon, Suparyono memastikan pihaknya akan menerapkan prokes secara ketat. Dengan pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker, cuci tangan sebelum masuk obwis dan pemberlakuan jaga jarak.

“Untuk Pasir Kadilangu, kami selalu upayakan agar destinasi ini aman dan nyaman bagi pengunjung,” terangnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI