Outdoor Classroom Day Dukung Sekolah Ramah Anak

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Belajar di luar kelas atau Outdoor Classroom Day (OCDay) dilakukan serentak di seluruh Indonesia, dan untuk DIY yang didatangi beberapa kementerian adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kulonprogo, Kamis (07/11/2019). 

Kegiatan ini dilaksanakan di 33 provinsi, 356 kabupaten/kota, lebih 15 ribu sekolah dengan 4 juta siswa. OCDay merupakan kegiatan global juga dilakukan di 134 negara. Kegiatan ini merupaka salah satu bentuk kegiatan yang mendukung Sekolah Ramah Anak.

Ir Lies Rosdianty MSc Asisten Deputi Pemenuhan Hasil Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyatakan, OCDay ini selaras arahan Presiden yang meminta agar sekolah melakukan proses pembelajaran di luar kelas lebih banyak daripada belajar di dalam kelas. 

"Ini agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak," ucap Rosdianti di sela-sela kunjungannya. Hadir diantaranya dari Kesehatan, Kanwil Kemenag DIY dan Kulonprogo, Disdikpora, Dinsos PPPA, serta lainnya.

Indonesia, ungkap Rosdianty, pertama kali mengikuti OCDay tahun 2017 dan menjadi terbaik kedua setelah Inggris. Tahun 2019 untuk ketiga kalinya Indonesia mengikuti OCDay, sekaligus dikaitkan peringatan Hari Anak Internasional. "OCDay dapat diikuti semua satuan pendidikan,  yang dilakukan sekitar 3 jam di masing-masing sekolah," ujarnya sambil menyatakan bahwa saat ini terdapat 22.170 Sekolah Ramah Anak (SRA) di 247 kabupaten/kota di 34 provinsi, salah satu bentuk kegiatan yang mendukungnya adalah OCDay ini. (Wid)

BERITA TERKAIT