Oven Bermasalah, Pabrik Arang Briket Kebakaran

Editor: KRjogja/Gus

WATES, KRJOGJA.com – Kebakaran terjadi di pabrik arang briket milik PT Kurnia Bumi Pertiwi di wilayah Kalurahan Pleret Kapanewon Panjatan, Senin (6/7) malam. Api melalap satu unit oven besar yang masih baru. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Petugas pemadam kebakaran Kulonprogo, Purwoko menuturkan, kebakaran ini diduga terjadi akibat kegagalan fungsi oven pada saat sedang dilakukan uji coba. Dari keterangan pihak pabrik, oven tersebut masih tergolong baru.

Api dilaporkan muncul pada saat para pekerja sedang melakukan uji coba oven baru sekitar pukul 21.00. Api kemudian merambat dengan cepat dan menghanguskan barang baku arang yang berada di dalam oven. Api berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi sebelum menjalar hingga bangunan pabrik.

“Proses pemadaman memakan waktu sekitar satu jam. Petugas sempat kesulitan memadamkan api karena bahan baku arang di dalam oven mudah terbakar dan isinya cukup banyak. Proses pemadaman dibantu pekerja dan tim relawan gabungan. Butuh dua truk tangki air untuk memadamkan api,” jelasnya. (M-4)

 

BERITA REKOMENDASI