Pada Masa Normal Baru, Angkasa Pura I Siap Operasikan YIA

Pandu memastikan, pengelola YIA telah menyiapkan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk bandara sampai penumpang menggunakan pesawat dan sebaliknya. “Salah satunya kami telah mengoperasikan alat ‘terma scanner digital’ untuk mengetahui suhu tubuh calon penumpang,” katanya lagi.

Selain itu juga mewajibkan seluruh calon penumpang, mitra bandara dan petugas mengenakan masker di area bandara. Mereka juga harus mengikuti aturan bandara tentang ‘physical distancing’ yang berlaku di seluruh area YIA. “Kami menjamin YIA bersih dan bebas Covid-19, karena kami rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di setiap sudut bandara serta menyiapkan ‘hand sanitizer’ atau cairan pembersih tangan yang bisa digunakan seluruh pengguna jasa penerbangan,” ungkapnya.

Tentang jumlah penerbangan, per 1 Juni tambah Pandu terjadi penambahan jumlah penerbangan yang cukup siginifikan. Jika sebelumnya, Maret sampai Mei, ketika pemerintah pusat menerbitkan aturan pembatasan penerbangan, YIA hanya melayani empat penerbangan perhari tapi sekarang naik menjadi 35 penerbangan perhari.

“Sehingga jumlah penumpang yang biasanya di bawah 400 orang sekarang naik hingga 1.700-an penumpang,” katanya memastikan para penumpang tersebut sudah memenuhi syarat berpergian pada masa pandemi virus corona.

BERITA REKOMENDASI