Padi Inpari IR Nutri Zinc Bisa Atasi ‘Stunting’

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Padi varietas Nutri Zinc sangat dibutuhkan dalam upaya mengatasi stunting di kabupaten ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat optimis kasus stunting bisa ditekan secara maksimal lantaran pembibitan padi varietas ini sudah bisa dilakukan di 12 kapanewon.

“Beras ini sangat tepat untuk atasi stunting di Kulonprogo. Apalagi pemkab saat ini punya program menyelesaikan kasus stunting. Nutrizing memang diperuntukkan mengatasi stunting sehingga kita punya andil mengatasi stunting secara nasional,” tegas Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo saat Wiwitan dan Panen Padi Teknologi Jajar Legowo Super di Bulak Kelompok Tani (KT) Sideman Makmur dan KT Kedungrejo, Kalurahan Giripeni, Wates, Selasa (14/7).

Demi suksesnya upaya mengatasi kasus stunting di Kulonprogo khususnya dari sisi pangan yakni padi Inpari IR Nutri Zinc dan Inpari 44 Agritan maka dibutuhkan dukungan atau suport dari Kementerian Pertanian serta Dinas Pertanian dan Pangan DIY.

“Dengan bisa dilakukannya pembibitan di 12 kapanewon di Kulonprogo maka jenis padi ini bisa dikembangkan secara massal, karena bisa di tanam di seluruh wilayah kecamatan di Kulonprogo,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI