Padi ‘Menor’ Asli Kulonprogo Ditetapkan sebagai Varietas Unggul Nasional

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Varietas padi unggulan Kulonprogo Melati Menoreh atau lebih dikenal dengan Padi Menor resmi ditetapkan sebagai varietas unggul Nasional oleh Menteri Pertanian (Mentan). Penetapan tertuang dalam SK Menteri Pertanian tentang Penetapan Pelepasan Varietas Baru yang diterima Bupati setempat Drs. H Sutedjo dari perwakilan Kementerian Pertanian di Ruang Menoreh Pemkab Kulonpogo, Kamis (21/4/2022).

Kasubid Pendaftaran Peredaran Varietas Tanaman pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Astutingsih, SP, MP   Astutingsih, SP, MP menyampaikan selamat atas penetapan Menor sebagai varietas baru atau unggul nasional. Dirinya berharap penetapan ini Menor bisa lebih dikenal masyarakat dan berkembang luas.

“Ini bisa memacu dan menumbuhkan minat masyarakat luas untuk menanam Menor, sehingga Menor bisa lebih berdaya lagi kedepannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Ir  Muh Aris Nugrogo, MMA menjelaskan penetapan ini merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan sejak tahun 2013 dari mulai proses pemuliaan, pengembangan, evaluasi hingga pengusulan penetapan varietas unggul.

“Sangat menggembirakan bagi Kulonprogo, karena ini perjuangan yang sudah sejak 2013 dari mulai pemuliaan, pengembangan hingga penetapan. Dengan penetapan ini nantinya akan ada nilai tambah bagi petani Kulonprogo,” kata Aris.

BERITA REKOMENDASI