Pagerharjo jadi Percontohan PKU Kambing PE

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Potensi ternak kambing Peranakan Etawa (PE) di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh menjadi sasaran percontohan Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU) untuk meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan petani. Kepala Bidang Pangan dan Penyuluhan, Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Trenggono Trimulyo mengatakan PKU merupakan kawasan mandiri pangan yang menjalankan usaha pengembangan potensi kambing PE mulai dari hulu sampai hilir.

“Pada tahap pertama terdapat 11 kabupaten sesuai potensi di daerah masing-masing menjadi proyek percontohan PKU. Salah satunya di Desa Pagerharjo, Kulonprogo dipilih menjadi percontohan PKU kambing PE,” ujar Trenggono Trimulyo.

Baca juga :

79 UMKM Diusulkan Masuk Galeri YIA
Perkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat Lewat Baksos

Menurutnya untuk mewujudkan PKU bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani, kelompok tani dan kelompok peternak kambing PE di Pagerharjo. Pada tahap awal telah menyelesaikan pembangunan kandang komunal kambing PE berkapasitas 60 ekor. Persiapan kedua membentuk kelembagaan yang menangani usahatani ternak kambing mulai dari pemeliharaan anakan, pengolahan susu, pengolahan pupuk kompos, penyediaan pakan hingga pemasaran.

“Ada lima kelompok petani peternak untuk mewujudkan PKU. Untuk mengisi kandang komunal menerima bantuan pembelian kambing PE dari pemerintah pusat, masing-masing Rp 50 juta,” tuturnya. (Ras)

BERITA REKOMENDASI