Pakualaman Gamang Berikan Kompensasi Penggarap PAG

YOGYA (KRjogja.com) – Pihak Pura Pakualaman tampaknya gamang memberikan kompensasi pada ratusan warga penggarap Pakualaman Ground (PAG) yang terdampak bandara baru Kulonprgo. Pakualaman merasa bernasib sama dengan warga penggarap yang kehilangan tanah karena pembangunan bandara di kawasan Temon Kulonprogo.

Penghageng Kawedanan Keprajan Puro Pakualaman Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Suryo Adinegoro kepada wartawan Senin (19/9/2016) mengatakan Puro Pakualaman juga merasakan kehilangan sama seperti yang dirasakan para penggarap. Menurut dia, permintaan kompensasi penggarap dengan menyebut nilai bukanlah hal yang memiliki nilai etis.

"Penggarap kehilangan mata pencaharian, Pura Pakualaman kehilangan tanah, nasibnya sama. Tapi kalau para penggarap meminta tali asih dengan menentukan nilai, bagaimana etikanya, selama ini mereka menggarap juga tidak pernah setor ke Pakualaman," terangnya.

Namun demikian, Pura Pakualaman akan menyerahkan segala keputusan ke tangan Paku Alam X sembari menanti ganti rugi sebesar Rp 727 miliar dari Angkasapura I. "Besarnya berapa, mekanismenya seperti apa menunggu keputusan Kanjeng Gusti (Paku Alam X)," pungkasnya.

Beberapa hari lalu, ratusan warga penggarap PAG melakukan aksi ke beberapa lokasi yakni DPRD DIY dan Pura Pakualaman. Mereka meminta kompensasi pada Pakualaman lantaran merasa mengembangkan tanah PAG hingga akhirnya dihargai cukup tinggi oleh Angkasapura. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI