Pamong Kalurahan Dilantik Jumat Besok, Surat Dilengkapi Tulisan Jawa

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Di tengah pelantikan dan pengukuhan para lurah se-Kulonprogo, para perangkat desa di kantor desa masing-masing terlihat disibukan mempersiapkan perlengkapan naskah dan tata kerja pemerintahan kalurahan. 

Dari pemantauan ke sejumlah kantor desa di Kapanewon Pengasih, Senin (27/1/2020), ruang kerja para Kepala Desa (Kades) terlihat kosong karena ditinggal pelantikan dan pengukuhan jabatan dari Kades menjadi lurah di Kepatihan DIY. 

Selain melayani masyarakat dan menyelesaikan administrasi pemerintahan, sejumlah perangkat desa terlihat disibukan mempersiapkan perlengkapan untuk pelaksanaan pemerintahan kalurahan.

Baik kop surat maupun cap stempel kalurahan berbeda dengan naskah tata kerja pemerintahan desa. Pada kop surat yang dipersiapkan tidak lagi menyebutkan pemerintahan kecamatan atau desa. Sebutan kecamatan diganti kapanewon, pemerintahan desa diganti pemerintahan kalurahan. Kemudian di bawah tulisan huruf kapital ‘Pemerintahan Kalurahan Pengasih’ dilengkapi tulisan huruf Jawa. Setelah pelantikan lurah, sebanyak 87 desa di Kulonprogo mulai melaksanakan tata kerja pemerintahan kalurahan.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Pengasih, Priya Haryana menjelaskan untuk urusan pemerintahan jabatan kades sudah menggunakan sebutan lurah. Usai pelantikan lurah segera ditindaklanjuti pelantikan jabatan pamong kalurahan.

"Awal Februari 2010 sudah penuh melaksanakan pemerintahan kalurahan. Para perangkat desa sedang persiapan pelantikan menjadi pamong kalurahan yang akan dilaksanakan Jumat (31/1/2020) mendatang,” ujar Priya Haryanta setelah dilantik nantinya menjadi Kepala Jagabaya.

Seperti diketahui setelah menjalankan pemerintahan kalurahan, jabatan Sekretasis Desa (Sekdes) menjadi Carik, Urusan Umum dan Perencanaan menjadi Panata Laksana sarta Pangripta, Urusan Keuangan menjadi Danarta, Seksi Pemerintahan menjadi Jagabaya, Seksi Kesejahteraan menjadi Ulu-ulu, Seksi Pelayanan menjadi Kamituwa dan Dukuh tidak mengalami perubahan.(Ras)

BERITA REKOMENDASI