Pande Besi Panen Pesanan Golok dan Pisau

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Setiap menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban menjadi berkah tersendiri bagi para pande besi di Pedukuhan Klopo X Kalurahan Bendungan Kapanewon Wates, Kulonprogo panen pesanan golok dan pisau. Di bengkel produksi milik Kelompok Bina Karya, penggerak kampung pande besi Klopo X nampak sibuk membuat beraneka ragam pisau, mulai dari ukuran kecil untuk seset daging, pisau pencacah tulang hingga golok khusus penyembelihan hewan kurban.

“Sejak beberapa hari terakhir menjelang hari raya kurban, para pande besi di sini banyak mendapat pesanan pembuatan golok dan pisau. Bahkan pada hari Raya Idul Adha 1443 H pesanan meningkat sekitar 30 persen dibanding tahun lalu,” kata Ketua Kelompok Bina Karya, Sukisman, Senin (04/07/2022).

Lebih jauh Sukisman mengatakan, pesanan tidak hanya berasal dari warga Kulonprogo tapi juga dari luar daerah seperti Kota Yogya bahkan ada yang dari wilayah Jawa Tengah. “Sebenarnya ada juga pesanan dari Jakarta dan sekitarnya tapi untuk sementara kami tunda pembuatannya karena untuk memenuhi konsumen lokal kami kewalayah,” jelasnya.

Dalam proses pembuatan senjata penyembelihan hewan kurban, kebanyakan pemesan membawa sendiri bahan baku besi atau baja. Khusus pemesan yang tidak punya bahan baku kelompok Bina Karya juga menyiapkan bahan bakunya.

“Kadang-kadang pemesan lebih mantap kalau bawa bahan baku besi sendiri dan kami tinggal mengerjakannya sesuai pesanan. Untuk biaya pembuatannya relatif terjangkau. Berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu. Yang paling murah pisau kecil khusus seset daging dan yang paling mahal golok pencacah tulang,” katanya.

Salah satu pemesan, Hamim Andi Hidayat mengungkapkan dirinya memesan 20 pisau dan golok dari kampung pande besi Klopo X. Pisau pesanan tersebut akan dipakai saat penyembelihan hewan kurban. (Rul)

BERITA REKOMENDASI