Pandemi Corona Pengaruhi Pendapatan Pengayuh Becak

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo menyatakan adanya pandemi Corona sangat berpengaruh terutama pada sektor ekonomi. Masyarakat yang biasa mencari nafkah harian di sektor infomal menjadi terganggu pendapatannya, termasuk pula dengan pengayuh becak.

“Tentunya bantuan-bantuan seperti yang dilakukan Baznas Kulonprogo kepada pengayuh becak akan sangat bermanfaat dalam rangka mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ujar Sutedjo saat menyerahkan santunan untuk 100 lebih pengayuh becak di depan rumah dinas bupati, Jumat (15/05/2020).

Pembagian santunan tersebut merupakan realisasi dari hasil Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) yang dikumpulkan oleh Baznas Kulonprogo. Dana berasal dari 2,5 persen penyisihan gaji para Aparartur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemkab maupun dari masyarakat umum.

“Pemberian bantuan kepada pengayuh becak ini sudah rutin dilakukan setiap tahun. Setiap bulan Ramadhan mendekati Idul Fitri. Tahun ini bersamaan dengan wabah pandemi Covid-19. Moment ini kita gunakan juga untuk mengajak masyarakat, termasuk pengayuh becak untuk menaati imbauan pemerintah dalam mengatasi Covid-19,” kata Sutedjo yang juga melakukan ‘Gerakan Memakai Masker’.

Ketua Baznas Kulonprogo Drs H Abdul Madjid bersyukur, meskipun sedang pandemi Korona, tetapi semangat berinfak dan berzakat tidak surut. Buktinya, perolehan ZIS semakin bertambah. ZIS yang dikelola untuk 5 program (Takwa, Sehat, Makmur, Peduli, Cerdas). Diantaranya bantuan bulan Ramadan ini untuk pengayuh becak, kaum Rois, Guru Tidak Tetap (GTT), Pegawai Tidak Tetap (PTT), pasukan kuning, serta lainnya.

“Perolehan ZIS semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perolehan tahun 2019 tertinggi se DIY, tercatat lebih dari Rp 8,9 miliar. Tahun ini, hingga April terhimpun Rp 2,2 M, dan khusus bulan Ramadan disalurkan Rp 1,9 M sudah termasuk bantuan dari Baznas Pusat di wilayah ZCD,” ujarnya sembari menambahkan semua ini tidak lepas dari peran pemkab yang dimotori bupati. (Rul)

BERITA REKOMENDASI