Panlih Konsisten, Tatib Pemilihan Cawabup Kulonprogo Rampung

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Panitia Pemilihan calon wakil bupati (Panlih Cawabup) atau Pansus di DPRD Kabupaten Kulonprogo telah selesai menyusun tata tertib (tatib) dan jadwal pemilihan, Kamis (2/1/2019). Panlih Cawabup saat ini tinggal menunggu pengajuan calon dari Bupati Kulonprogo.

"Kami memang hari ini (Kamis sore) baru menyelesaikan tata tertib pemilihan. Selanjutnya akan kita konsultasikan ke DIY. Meski sebenarnya tidak ada kewajiban konsultasi, kalau peraturan daerah (perda) atau keputusan DPRD itu harus, tetapi kalau tatib sebenarnya internal di DPRD.  Meski demikian kami tetap akan lakukan konsultasi ke DIY," ujar Ketua Panlih Cawabup Kulonprogo,  Istana SH MIP, Kamis (2/1/2019). 

Dijelaskan Istana, penyusunan tatib prinsip kehati-hatian. "Sabar saja, mencari pemimpin harus cermat, tahap demi tahap. Kita tidak bekerja tergesa-gesa, tetapi harus sesuai aturan yang ada, sehingga tatib ini yang nanti akan menjadi landasan Panlih untuk bekerja. Karena itu perlu pencermatan lebih dalam," ujar Istana yang merupakan Ketua Fraksi PDIP. 

Menurutnya, jadwal pemilihan masih 'digengreng' atau rancangan saja. Untuk jadwal pastinya atau fix setelah bupati menyerahkan calon kepada DPRD dan kemudian diserahkan ke Panlih/Pansus. "Barulah nanti Panlih bekerja, tiga hari diverifikasi, selesai itu menuju tahapan berikutnya," ucap Istana.(Wid)

BERITA REKOMENDASI