Parenting Islami Era Digital dan Pandemi

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Problematika mendidik anak saat ini menjadi satu masalah yang harus diatasi, apalagi di era digital yang semakin kuat ditambah masa pandemi yang masih belum berakhir sehingga menuntut orangtua harus lebih bijaksana dalam mendidik anak-anaknya.

“Untuk membekali diri agar bisa menjadi orangtua yang bijak dengan terus meningkatkan kualitas diri tentang pemahaman mendidik anak yang baik memandang perlu adanya kegiatan parenting Islami sebagai upaya penunjang untuk memperdalam bagaimana cara mendidik anak yang baik sesuai dengan tuntunan dari Alquran,” kata Muh Alif Kurniawan SPdI MPdI, dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) universitas Ahmad Dahlan (UAD), Kamis (02/09/2021).

Hal tersebut disampaikan Muh Alif Kurniawan dalam Parenting Islami ini dilaksanakan di tiga Padukuhan yaitu Jangkang Lor, Jangkang Kidul, Gedangan Kalurahan Sentolo, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo. Pelaksanaan parenting di Padukuhan Jangkang Lor dilaksanakan secara luring atau offline dengan tetap mentaati protokol kesehatan di Gedung posyandu Padukuhan Jangkang Lor, Sabtu (28/08/2021) lalu.

Sedangkan di Padukuhan Jangkan Kidul dan Gedangan kegiatan parenting dilaksanakan secara daring atau online melalui platform google meet, Minggu (29/08/2021) lalu. Hadir dalam kesempatan itu, Widodo selaku Dukuh Jangkang Lor.

Muh Alif Kurniawan menyampaikan, sebelum mendidik anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Al-Qur’an di dalam ayat-ayatnya menyebutkan kategori tentang anak, yang pertama,anak sebagai ziinatun (perhiasan), kedua anak sebagai qurrota a’yun (penyejuk hati), ketiga anak sebagai fitnah (ujian dan cobaan), dan keempat anak sebagai aduwwun (musuh). “Dengan memahami itu maka kita sebagai orangtua bisa bermuhasabah serta lebih bijak dalam mendidik anak” ujarnya.

Selain itu, Alif juga memaparkan jika kita menghendaki anak-anak tumbuh menjadi generasi yang shalih dan shalihah maka strategi mendidiknya juga harus tepat, salah satunya adalah mengikuti petunjuk yang dituntunkan dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an mengajarkan bagaimana seharusnya orang tua bisa mendidik anak, diantaranya yang pertama tanamkanlah nilai agama semenjak dalam kandungan, kedua jadilah teladan dalam berperilaku, ketiga perdulilah terhadap anak, keempat jadilah teman curhat yang nyaman untuk anak, dan yang terakhir jadilah motivator bagi anak. (Jay)

BERITA REKOMENDASI