Parpol Siapkan Ketua dan Wakil Ketua

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Meski belum ada penetapan secara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo terkait perolehan kursi dan caleg terpilih, partai politik (parpol) sudah memperhitungkan perolehan kursinya dan siapa saja nama-nama yang bakal menduduki kursi dewan.

Sebanyak 40 kursi, PDI Perjuangan mendapatkan terbanyak yaitu 12 kursi dan memperoleh jatah untuk Ketua DPRD Kulonprogo. Sedangkan Wakil Ketua untuk Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra yang masing-masing meraih 6 kursi.

Di internal DPRD, setelah pelantikan akan ada penentuan alat kelengkapan dewan. Selama penentuan alat kelengkapan dewan, akan ada pimpinan dewan sementara yang memimpin jalannya pembahasan alat kelengkapan dewan tersebut.

Akhid Nuryati SE, Ketua DPRD Kulonprogo saat ini yang juga Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulonprogo menyatakan, setelah pelantikan, DPRD akan menentukan alat kelengkapan dewan seperti pimpinan dewan dan tiap komisi.

Sekretaris DPD PAN Kulonprogo Bukhori membenarkan bahwa sesuai perolehan kursi, Wakil Ketua memang jatah untuk PAN. Namun untuk posisi tersebut, DPD PAN mengajukan nama dan nanti yang menentukan adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Ada standar parameter untuk penentuan nama, minimal dua nama. Yakni di antaranya perolehan suara di pemilihan legislatif (pileg) dan jabatan struktural. Saat ini baru dalam proses check list,” jelas Bukhori. (Wid)

BERITA REKOMENDASI