Pasangan Paslon Sepakati Jadwal Kampanye

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Jadwal kampanye bagi pasangan calon (paslon) peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Kulonprogo 2017 disepakati berdasarkan selang seling hari, yakni sehari paslon nomor urut 1, hari berikutnya paslon nomor urut 2. Jadwal kampanye tersebut akan diawali Sabtu (05/11/2016) ini untuk paslon nomor urut 2.

Selain itu, ada tiga hari yang tidak dipakai berkampanye atau libur, yakni tanggal 12 dan 25 Desember 2016 serta 1 Januari 2017. Sedangkan terkait dana kampanye maksimal Rp 6,8 miliar.

Kesepakatan tim paslon tersebut difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo dan dihadiri Panitia Pengawas Pemilih (Panwas), dalam rapat koordinasi, Jumat (04/11/2016). Setelah sepakat, KPU Kulonprogo dipimpin Ketua KPU Muh Isnaini langsung rapat pleno intern.

Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini berharap semua pihak dapat menyesuaikan dan saling menghormati apa yang sudah disepakati. "Harus ditaati, serta dijaga suasana kondusif yang sudah ada ini," katanya.

Ditambahkan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kulonprogo Panggih Widodo, paslon dapat menggunakan jadwalnya untuk berkampanye di seluruh wilayah Kulonprogo, karena tidak ada aturan sesuai zona, namun harus memperhatikan hal-hal yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No 42 Tahun 2016. "Paslon bisa memakai untuk rapat umum, rapat terbatas, rapat dialogis, maupun kegiatan lainnya," katanya.

Tiga hari yang libur kampanye, kata Panggih, tanggal 12 Desember 2016 Hari Maulud Nabi Muhammad SAW, 25 Desember 2016 Hari Raya Natal dan 1 Januari 2017 Tahun Baru. "Untuk tanggal 12 dan 25 Desember kita menghormati hari keagamaan, sedangkan 1 Januari 2017 merupakan Tahun Baru," ujar Panggih.

Terkait dana kampanye, kata Panggih, masing-masing paslon dalam penggunaan dana kampanye tidak boleh lebih dari Rp 6,8 Miliar. Penggunaan dana kampanye dalam laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) akan diaudit Akuntan Publik. (Wid)

BERITA REKOMENDASI