PDI Perjuangan Kulonprogo Sosialisakan ‘Sicita’

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kabupaten Kulonprogo mendukung upaya meraih rekor Musium Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan menampilkan Senam Cinta Tanah Air (Sicita) PDI Perjuangan di Halaman Panti Marhaen Pedukuhan Tobanan, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Sabtu (21/05/2022).

Ketua Bidang Pariwisata Pemuda dan Olah Raga DPC PDI Perjuangan Kulonprogo, Pancar Topo Driyo SE mengatakan, Sicita merupakan senam identitas partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut, dengan harapan bisa dilaksanakan oleh masyarakat. “Sicita wujud menggelorakan semangat hidup sehat, dengan gerakan sangat dinamis dapat dilaksanakan oleh kaum lanjut usia (lansia) dan pemuda,” kata Pancar.

Senam dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang sama di seluruh Indonesia mulai pukul 07.00 WIB dan WITA dalam kerangka mencetak rekor Muri bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Jumat tanggal 20 Mei. Tema senam sama dengan tema Harlah ke-49 PDI Perjuangan, ‘Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya’.

“Senam serentak yang diadakan secara Nasional akan kami tindaklanjuti dengan sosialisasi melalui grup-grup WA2 dan komunitas-komunitas senam se-Kabupaten Kulonprogo. Sicita merupakan bagian senam wajib sebelum diadakan senam airobik, zumba, senam prolanis dan sebagainya. Sehingga harapannya gerakan-gerakan Sicita bisa dihapal secara cepat oleh masyarakat,” ujar Pancar.

Lebih lanjut anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kulonprogo itu mengungkapkan, ke depan Senam Cinta Tanah Air PDI Perjuangan akan dilombakan di tingkat Kabupaten Kulonprogo.

“PDI Perjuangan tidak hanya kerja politik lima tahunan dan kegiatan-kegiatan organisasi kemasyarakatan tapi juga mengadakan olah raga senam. Artinya tidak hanya kesehatan badan saja yang diperhatikan tapi juga kesehatan pikiran. Seperti ungkapan Bahasa Latin, mensana in corpore sano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” tutur Pancar Topo Driyo.

Ketua DPC PDI Perjuangan setempat Drs Sudarto mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Pihaknya berharap dengan launcing Sicata PDI Perjuangan maka masyarakat diharapkan tetap semangat menjadikan diri dan keluarganya sehat secara mandiri.

Sudarto mengimbau semua pihak berpartisipasi aktif menggelorakan sekaligus membumikan Senam Cinta Tanah Air PDI Perjuangan di Kulonprogo. “Sehingga ungkapan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat akan mendukung pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan jiwa yang sehat dalam mengamalkan Pancasila,” tegas anggota DPRD DIY tersebut. (Rul)

BERITA REKOMENDASI