Peduli Korban Bencana, Pebatik Kulonprogo Buat Batik Semeru

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur membangkitkan semangat kepedulian sosial. Termasuk perajin batik asal Kalurahan Gulurejo Kapanewon Lendah Kabupaten Kulonprogo, Bayu Permadi membuat batik tulis bermotif Gunung Semeru. Karya tersebut akan dilelang dan seluruh hasilnya didonasikan untuk membantu para korban erupsi Semeru.

Pembuatan batik Semeru dilatar belakangi rasa keprihatinan dan ingin memberikan sumbangsih kepada para korban erupsi Gunung Semeru. “Hasil lelangnya nanti akan kita serahkan pada saudara-saudara yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Bayu Permadi di Sanggar Batik Sembung miliknya di Gulurejo, Lendah, Jumat (17/12/2021).

Motif Batik Semeru menggambarkan gunung tersebut saat erupsi. Di beberapa bagian nampak warna merah sebagai perwujudan lava pijar. Sehingga seakan-akan gunung berapi itu sedang mengalami erupsi. “Batik ini saya buat khusus untuk mengenang meletusnya Gunung Semeru beberapa waktu lalu,” ungkapnya menambahkan kegiatan sosial tersebut juga sebagai wujud syukur atas usia usaha Batik Sembung yang sudah berusia 13 tahun.

“Kita merayakan 13 tahun Sanggar Batik Sembung dengan cara sederhana tapi penuh makna dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana,” ujar Bayu.

BERITA REKOMENDASI