Pekan Khitan Muhammadiyah Digelar Serentak

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dalam rangka menyemarakkan milad Muhammadiyah ke 111 dan menyambut HUT ke 75 RI, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PWM DIY dan Lazismu PWM DIY mengadakan Pekan Khitan Muhammadiyah di 5 kabupaten/kota di DIY, 8 hingga 16 Agustus. Dibuka serentak Sabtu (08/08/2020) secara virtual dengan aplikasi video conference.

Pelaksanaan di Kulonprogo diadakan di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit Wates, Sabtu (08/08/2020). Muh Farid dari PD Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo menyampaikan, khitanan ini sangat membantu apalagi di musim pandemi seperti ini, anak-anak masih belajar dari rumah, sehingga tidak mengganggu. Kuota yang disediakan sejumlah 50 anak, antusias dari masyarakat cukup tinggi sehingga melebihi kuota berjumlah 75 anak.

Di Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit Wates sebanyak 26 anak, dilanjut Minggu (16/08/2020) 24 anak di RS PKU Muhammadiyah Nanggulan. Adapun kelebihan kuota sejumlah 25 anak akan dilakukan Sabtu (15/08/2020) di Wates dan Nanggulan. Penentuan tempat Khitan berdasar domisili anak tersebut.

Jika kapanewon wilayah utara di PKU Muh Nanggulan dan kapanewon selatan di Unit Wates. Pada kesempatan itu juga diikuti 3 peserta non muslim. Keikutsertaan tersebut bersifat sukarela karena pendaftaran dipublikasikan secara umum.

Gita Danu Pranata Ketua PWM DIY menyatakan ini wujud nyata dari bakti Persyarikatan Muhammadiyah dalam rangka milad ke 111 serta bersamaan pula dengan HUT ke 75 RI. Sedangkan Danis Setia Mahendra salah satu peserta dari Pengasih merasa senang dan mengucapkan terima kasih bisa mengikuti acara ini. (Wid)

BERITA REKOMENDASI