Pelatihan Produksi Olahan Tahu Bagi UMKM Atthiya Food

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sejumlah ibu-ibu PKK yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Atthiya Food Kaliwiru mengikuti pelatihan produksi olahan tahu di Kompleks MI Al Falaah Muhammadiyah Pedukuhan Kaliwiru Kalurahan Tuksono Kapanewon Sentolo selama tiga hari, Jumat-Minggu (8-10/10/2021).

Pelatihan bertajuk ‘Dari Tahu Kami Bertekad Maju’ tersebut diadakan Lembaga Amil Zakat, Infaq Dan Shodaqoh Universitas Islam Indonesia (Lazis Unisia) bekerja sama Lembaga Study dan Advokasi Pendidikan (Elsap) serta Omah Workshop.

“Program Zakat Berdaya (Zadaya) Lazis Unisia merupakan pemberdayaan ekonomi bagi mustahik (penerima zakat) dengan dana zakat untuk produktif berbasis UMKM yang melibatkan masyarakat kurang mampu,” kata Wakil Direktur Elsap, Asrofi Tiktana.

Sebelum pelatihan pihaknya melakukan pemetaan kemampuan atau potensi dan kelemahan yang dihadapi UMKM di pedukuhan. Selanjutnya dilakukan proses pelatihan, pendampingan dan stimulus permodalan alat produksi sehingga kemampuan atau potensi yang dimiliki pelaku UMKM terasah, tumbuh dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Program Zadaya Bagi UMKM Atthiya Food Kaliwiru merupakan upaya penguatan dan pendampingan manajemen, pelatihan produk olahan tahu serta permodalan bahan dan alat untuk produksi dan berkreasi olahan tahu. Pelatihan bertujuan pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan tahu sehingga ada peningkatan ekonomi bagi UMKM. “Jika sebelumnya produksi dan omset penjualan tahu menurun drastis akibat pandemi Covid-19 maka dengan pelatihan olahan tahu harapannya ke depan perlahan tapi pasti omset penjualan makanan berbahan baku tahu meningkat.

BERITA REKOMENDASI