Pemahaman Baru Keluarga Perlu Ditularkan

PENGASIH, KRJOGJA.com – Kepala BKKBN Pusat dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) berharap dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas), ada pemahaman baru tentang keluarga, kemudian ditularkan kepada anak cucu agar bisa mengisi pikirannya, sehingga punya pandangan yang baik. Dengan pandangan dan pikiran yang baik, bisa selamat dari pengaruh negatif sehingga bisa memanfaatkan era digitalisasi ini untuk hal-hal yang positif. 

Hasto Wardoyo menyatakan itu pada puncak peringatan Harganas ke-26 Tingkat DIY yang dipusatkan di Taman Budaya Kulonprogo di Pengasih,  Kamis (01/08/2019). Hadir Ir Arofa Noor Indriani MSi Asisten  Pemberdayaan SDM Setda DIY,  Forkompimda DIY, Wakil Ketua Tim Penggerak GKBRAy Adipati Paku Alam X, Bupati/Walikota se DIY, serta lainnya. Acara diisi pemberian penghargaan, bantuan, dan pameran. Diantaranya pemberian Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI kepada Walikota Yogyakarta,  Penghargaan Dharma Karya Kencana dari Kepala BKKBN kepada Kapolda DIY (Irjen Pol Drs Ahmad Dofiri MSi).

BACA JUGA : 

Harganas Jateng Bakal Dipusatkan di Purworejo

Pendidikan Keluarga Tentukan Perilaku Individu

"Keluarga sangat kompleks, banyak fungsinya, mulai dari fungsi Keagamaan, fungsi sosial budaya, dan lainnya. Maka keluarga menjadi unit analsis terkecil di  tengah-tengah masyarakat yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Jadi kalau mau mensejahterakan masyarakat, maka unit analsis terkecilnya adalah keluarga. Harus bisa menyelesaikan masalah dalam keluarga, dan di dalam masyarakat," ujar Hasto.

Wabup Kulonprogo Drs H Sutedjo menuturkan bahwa, dengan penyelenggaraan puncak acara Harganas XXVI Tingkat DIY Tahun 2019 ini, berharap semakin banyak orang yang peduli dan aktif berpartisipasi dalam membangun keluarga berkualitas untuk memantapkan pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga. Yakni melalui tradisi keluarga berkumpul (gerakan kembali ke meja makan), keluarga berinteraksi (gerakan 1821 yaitu gerakan mematikan televisi, internet, HP pada pukul 18.00 sampai pukul 21.00 untuk bermain dan belajar bersama keluarga), keluarga berdaya, keluarga peduli dan keluarga berbagi. (Wid)

BERITA REKOMENDASI