Pembangunan Terminal Bandara NYIA Capai 40 Persen

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimis Bandara Internasional Yogyakarta Baru (New Yogyakarta International Airport/NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo bisa beroperasi sesuai target, April 2019 mendatang. Saat ini proses pembangunan terminal bandara tersebut sudah mencapai 40 persen, landasan pacu 19 persen dan bangunan lainnya terus dikerjakan secara simultan.

”Maret nanti, runway atau landasan pacu selesai 100 persen. Selanjutnya kami optimistis sudah bisa beroperasi untuk penerbangan internasional,” tegas Menhub saat meninjau proyek NYIA, Jumat (14/12/2018).

Menhub mengungkapkan, NYIA mempunyai daya tarik cukup tinggi bagi maskapai penerbangan internasional, seperti dari Korea, Jepang dan Tiongkok. ”Mereka sangat terarik dengan NYIA. Jumlah penumpang dari negara-negara tersebut sangat banyak, sehingga diharapkan mampu mendatangkan banyak turis ke Yogyakarta dan sekitarnya. Yang jelas kami sudah siap,” ujar Menhub seraya menyebutkan, penerbangan dari Arab Saudi juga tertarik masuk NYIA.

Sementara itu untuk mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Kulonprogo, DIY dan Jawa Tengah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengintegrasikan jalur kereta api (KA) dengan NYIA. Sementara nanti kereta api masih menggunakan jalur yang sudah ada.

Penumpang pesawat dari NYIA yang akan ke Jateng dan Yogya menggunakan KA dari Stasiun Wojo di Bagelen, Purworejo. Dari Maguwoharjo sampai Stasiun Wojo membutuhkan waktu 30 menit, kemudian dari Stasiun Wojo sampai NYIA sekitar 10 menit.

”Total waktu yang dibutuhkan penumpang dari Yogya ke NYIA sekitar 40-45 menit. Cukup bagus, efektif. Nanti kereta dari Maguwoharjo berhenti di Stasiun Tugu langsung ke Statiun Wojo. Dari Stasisun Wojo sampai NYIA menggunakan kereta api khusus. Tadi saya sudah cek Stasiun Wojo, ada bangunan-bangunan lama, akan kami jadikan ikon,” ungkap Menhub.

Selanjutnya, Kemenhub merencanakan jalur KA permanen dari Stasiun MaguwoharjoStasiun Tugu-Stasiun Kedundang, Temon langsung belok ke NYIA. (Rul)

BERITA REKOMENDASI