Pembayaran Ganti Rugi Lahan KA Bandara Belum Jelas, Ini Sikap Bupati Kulonprogo

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo mengaku prihatin atas belum jelasnya pembayaran ganti rugi lahan untuk pembanguna rel kereta api bandara di wilayah Kecamatan Temon. Mensikapi hal tersebut pihaknya akan mengirim surat permohonan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan kementerian terkait di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum PUPR agar pembebasan lahan tersebut berjalan sesuai proses dan mekanisme yang benar.

“Semula kami berencana hanya ingin mengirim surat permohonan ke Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) di Semarang, tapi atas saran Pak Sekda (RM Astungkoro-Red.) permohonan tersebut kita kirim sampai ke Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait. Harapannya tentu saja proses pembayaran ganti rugi lahan segera dituntaskan,” tegas bupati di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (25/6/2020).

Ternyata ungkap Bupati Sutedjo, tidak hanya warga Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon saja yang belum tuntas pembayaran ganti rugi lahannya, tapi juga warga kalurahan lain di antaranya Kalurahan Kalidengen dan Glagah dan sebagainya belum tuntas pembayarannya. “Terus terang pemkab tidak bisa mengambil keputusan karena otoritasnya bukan di tingkat kabupaten, sehingga kami mengajukan surat permohonan sekaligus mendorong pemerintah pusat untuk segera menyelesaikan permasalahan ini,” katanya.

BERITA REKOMENDASI