Pemkab Gelontorkan Danais Ratusan Juta Bagi 10 Pengelola Obwis Inovatif

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJogja.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mengapresiasi 10 destinasi wisata yang mau berinovasi dan perbaikan pada masa pandemi Covid-19 dengan menggelontorkan bantuan dana keistimewaan (Danais).

Bupati setempat Drs Sutedjo mengatakan bantuan Danais sebanyak Rp 200 juta dan akan disalurkan kepada 10 destinasi, dengan jumlah bantuan Rp 20 juta untuk masing-masing destinasi wisata.
“Pemkab melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo memberikan semangat kepada teman-teman pelaku wisata melalui gerakan Sambanggo yang digagas. Sistemnya seperti padat karya, menata kembali kawasan wisata, kemudian ada sedikit pemasukan bagi pelaku wisata yang bersifat bantuan,” kata bupati usai penyaluran bantuan di objek wisata (Obwis) Gunung Kuniran, Kapanewon Kokap, Sabtu (14/8/2021).
Pemerintah berharapan, ketika kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 telah dicabut, para pelaku wisata sudah siap  membuka kembali destinasi wisata yang mereka kelola. Sehingga roda perekonomian di sektor pariwisata bisa segera pulih.
Sementara itu Kepala Dinpar Kulonprogo, Joko Mursito MA menegaskan, 10 destinasi yang dipilih bisa saja merupakan destinasi yang dikelola pemerintah maupun masyarakat. Dasar pemberian bantuan adalah komitmen para pelaku wisata yang tetap berupaya melakukan pembenahan di tengah mentaati penerapan PPKM level 4.
Diungkapkan, pemberian bantuan menerapkan sistem pengajuan proposal. Dinpar akan melihat program yang akan dilakukan oleh pengelola obwis.
“Kami lihat dulu, apakah ada pembenahan di lokasi dan sebagainya. Ketika sesuai akan kami berikan bantuan Danais tersebut untuk 10 destinasi wisata baik untuk keperluan membuat konten-konten promosi wisata berupa video dan sebagainya,” jelas Joko Mursito.
Ditambahkan dari kuota yang disediakan, baru dua destinasi wisata yang dinilai memiliki inovasi dan terus melakukan pembenahan pada masa PPKM yakni Gunung Kuniran di Kalurahan Hargorejo, Kokap dan Taman Sungai Mudal di Kalurahan Jatimulyo, Girimulyo.
Selain dari Dinpar Kulonprogo, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) setempat juga menyalurkan bantuan Rp 15 juta untuk membangun musala di area Gunung Kuniran. (Rul/Wid)

BERITA REKOMENDASI