Pemkab Kulonprogo Bangun Rest Area di Samigaluh

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono menyatakan saat ini Pemkab Kulonprogo tengah menyusun rencana pembangunan jalur Kulonprogo-Borobudur sebagai tindak lanjut dibangunnya New Yogyakarta International Airport (NYIA). Di jalur tersebut tepatnya di kawasan Samigaluh, Pemkab juga berniat membangun rest area untuk lokasi peristirahatan wisatawan yang hendak ke Borobudur.

Kepada wartawan saat ditemui di Kepatihan, Senin (31/10/2016) Budi Antono mengungkap saat ini jalur Kulonprogo Borobudur sudah bisa digunakan dengan kondisi sekitar 60-80 persen. Namun demikian, guna mendukung airport baru dan iklim parisiwata akses jalan tersebut akan segera diperbaiki dalam waktu dekat.

"Rencananya nanti akan jadi seperti Ringroad dengan dua jalur dari Bandara-Kokap-Girimulyo-Samigaluh-Kalibawang dan Borobudur. Kita berusaha mendekatkan Kulonprogo dengan Borobudur yang selama ini memang menjadi salah satu destinasi utama wisatawan, terutama setelah adanya bandara baru nanti," terangnya.

Sementara untuk mendukung sisi pariwisata yang sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemkab juga bersiap membangun rest area di kawasan Samigaluh yang menjadi titik terakhir sebelum masuk ke kawasan Borobudur. "Lokasinya juga bagus dan nanti akan dibangun juga rest area, hotel, motel dan tempat wisata agar wisatawan bisa singgah dulu di Kulonprogo," lanjutnya.

Pembangunan bandara baru sendiri diharapkan selesai pada 2019 mendatang. Ssat ini, proses pembangunan sudah mulai dilaksanakan setelah sebelumnya menyelesaikan prosesi pembayaran ganti rugi tanah. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI