Pemkab Kulonprogo Dukung Gerakan Indonesia Raya Bergema

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mendukung penuh Gerakan Indonesia Raya Bergema yang dicanangkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X. Tindaklanjutnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di kabupaten ini diimbau melaksanakan gerakan tersebut. Gerakan tersebut juga didukung oleh para pelaku usaha dan komponen bangsa lain.

“Kami sangat konsisten mendukung kebijakan Pak Gubernur DIY yang melaksanakan Gerakan Indonesia Raya Bergema,” kata Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Fajar Gegana Kamis (20/05/2021).

Diungkapkan, setelah Gerakan Indonesia Raya Bergema resmi dicanangkan, pemkab memerintahkan OPD dan BUMD melakukan simulasi. “Hari ini semua OPD sudah melakukan simulasi dan melaporkan kegiatan mereka pada saya. Kami akan memantaunya sehingga gerakan tersebut dilakukan setiap hari,” tegas wabup.

Fajar menilai Gerakan Indonesia Raya Bergema merupakan inisiatif positif yang dicanangkan Pemda DIY. Pihaknya tidak menampik perkembangan zaman memang harus diikuti tapi ideologi Bangsa yakni Pancasila dan laku Kebangsaan tidak boleh dilupakan.

“Jiwa nasionalisme harus kita bangkitkan mengingat tergerusnya nasionalisme kita terhadap ideologi dan budaya asing. Perkembangan zaman wajib kita ikuti namun ideologi dan budaya kita jelas, dan tidak bisa ditawar-tawar. Kita adalah Bangsa yang merdeka dan berdikari. Ideologi kita jelas Pancasila,” jelas wabup.

Seperti diketahui Gerakan Indonesia Raya Bergema dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Gubernur DIY Nomor 29/ 2021 tentang memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam SE tersebut memerintahkan lagu Indonesia Raya dikumandangkan setiap pukul 10.00 WIB atau setiap pagi saat memulai aktivitas kegiatan.

Setiap orang yang hadir pada saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan dan atau dinyanyikan wajib berdiri dengan sikap sempurna. Gerakan Indonesia Raya Bergema untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan memperkuat persatuan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Rul)

BERITA REKOMENDASI