Pemkab Kulonprogo Hindari Kerumunan Penyaluran Hewan Kurban di Rumdin Bupati

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJogja.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo mengimbau masyarakat agar memanfaatkan sekaligus mentaati Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Pertanian nomor 524/520.2277 tentang Tata Cara Pengajuan Rekomendasi Tempat Penjualan Hewan Kurban atau Tempat Pemotongan Hewan Kurban.
Penerbitan SE tersebut mengacu SE Bupati nomor 45/2101 tentang Ketentuan Pemotongan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/ 2021 Masehi dalam situasi bencana Coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang bertujuan melindungi seluruh masyarakat agar tidak terpapar virus Corona.
“Imbauan yang kita edarkan berlaku untuk penyembelihan hewan kurban setelah tanggal 20 Juli, hari tasriq nya kan sampai tanggal 23 Juli, sehingga masih ada tiga hari yaitu tanggal 21, 22 dan 23, silahkan gunakan waktu tersebut,” kata Bupati setempat Drs Sutedjo disela menerima bantuan dan penyaluran hewan kurban di rumah dinas (rumdin) Bupati Kulonprogo, Utara Alun-alun Wates, kemarin.
Nampak hadir Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Fajar Gegana, para pimpinan dari perusahaan dan sejumlah pengusaha, Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Heri Darmawan serta perwakilan penerima hewan kurban.
Lebih lanjut bupati mengatakan, beberapa hal tentang pemotongan hewan kurban di luar Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) yakni pemotongan yang dilakukan masyarakat baik di masjid, musola, sekolah, pesantren maupun pribadi harus mengantongi rekomendasi Dinas Pertanian dan Pangan. Surat tersebut dapat diajukan melalui aplikasi TaniKU atau datang ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se-Kabupaten Kulonprogo.
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulonprogo, Drs Jazil Ambar Was’an mengatakan, pada 2021 pemkab menerima sembilan ekor sapi dan 22 ekor kambing yang berasal dari 17 donatur. Puluhan hewan kurban tersebut akan disalurkan pada 42 pemohon yang berasal dari berbagai kapanewon diantaranya disalurkan kepada masjid, sekolah, mushola dan panti asuhan.
Tidak semua penerima diundang penyaluran hewan kurban, hanya beberapa perwakilan yang hadir, hal tersebut untuk mengurangi kerumunan.
“Selain itu ada dua ekor sapi bantuan hewan kurban dari Pak Wakil Gubernur yang langsung diberikan kepada takmir masjid di Pedukuhan Kedungsugo, Kedungsari, Pengasih dan Pedukuhan Kemiri Kaliagung Sentolo,” ujar Jazil.
Ditambahkan, sebagian besar hewan qurban kambing dari donatur sudah didistribusikan terlebih dahulu supaya tidak terjadi kerumunan di lingkungan rumdin bupati. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI