Pemkab Kulonprogo Perluas Jaringan Internet Murah

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulonprogo akan memperluas jaringan internet murah bagi masyarakat dengan menyasar 1.500 rumah tangga (RT) di enam kalurahan.

Kepala Diskominfo setempat Drs Rudiyatno menegaskan, pihaknya memandang perlu melanjutkan program tersebut lantaran sebelumnya program serupa sukses diadakan di dua kalurahan yakni Kalurahan Hargotirto dan Hargowilis Kapanewon Kokap.

Seperti diketahui, pada masa kepemimpinan Bupati DR dr Hasto Wardoyo SpOG (K), program internet murah dengan menggandeng PT Pelangi Surya Persada (PSP) telah diluncurkan sejak dua tahun lalu dengan program PulsaKu atau Pulsa Kulonprogo. Adapun wilayah yang menjadi projek percontoahannya, Kalurahan Hargotirto dan Hargowilis di kawasan Perbukitan Menoreh.

“Program jaringan internet murah PulsaKu bagi masyarakat di pelosok-pelosok akan kita perluas lagi di enam kapanewon. Setiap RT akan kita pasangi titik wifi,” jelas Rudiyatno di ruang kerjanya, Jumat (18/9).

Menurutnya program internet murah, sangat membantu masyarakat dalam pelaksanaan belajar secara online atau daring. Setiap orang cukup berlangganan Rp 30.000 sudah bisa mengakses internet selama satu bulan dengan kapasitas maksimal. “PulsaKu sangat cocok mendukung siswa belajar dari rumah sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Director Partnership & Aplication PT PSP Kurniawan Mahdi Harta mengungkapkan, program jaringan internet murah bagi masyarakat dikembangkan bersama Diskominfo dengan melibatkan BUMDes sebagai pengelola maupun para pemuda. Mereka akan dilibatkan dalam teknis pemasangan sarana wifi hingga pelayanan setiap hari, terkait pengelolaan pulsa.

“BUMDes dan pemuda ikut berperan dalam pengelolan, mereka juga mendapatkan keuntungan,” tuturnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI