Pemkab Kulonprogo Raih Penghargaaan ‘Merdeka Award 2021’

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo meraih penghargaan di ajang ‘Merdeka Award 2021’. Penghargaan tersebut merupakan apresiasi merdeka.com atas pelaksanaan program inovatif selama pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemkab Kulonprogo, sehingga mampu menginspirasi para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa bertahan bahkan berkembang pada masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah pada ajang ‘Merdeka Award 2021′, Kabupaten Kulonprogo mendapat penghargaan kategori Daerah dengan Program Inspiratif bagi UMKM di Masa Pandemi’,” kata Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo, Fajar Gegana usai menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di KLU Head Office, Mentent Jakarta Pusat, Rabu (31/03/2021).

Fajar Gegana meyakini Merdeka Award merupakan ajang penghargaan dan sebagai apresiasi bagi para pemerintah daerah yang betul-betul berjuang, menginspirasi dan membantu mengatasi pandemi Covid-19. ‘Merdeka Award 2021’ dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin secara virtual.

Wapres mengapresiasi upaya yang dilakukan para penerima penghargaan sebagai bagian dari perjuangan membangun Indonesia di masa pandemi. “Saya mengajak segenap lapisan masyarakat Indonesia, untuk tetap semangat dan optimistis dalam menghadapi Covid-19,” tegasnya.

Bupati Kulonprogo, Drs Sutedjo bersyukur atas penghargaan tersebut. Karena menurutnya apa yang dilakukan Pemkab Kulonprogo selama ini mendapatkan pengakuan dari lembaga independent yang kompeten.

“Penghargaan ini hasil kerja kolaboratif dari berbagai pihak, oleh karena itu kita ucapkan banyak terimakasih. Mudah-mudahan prestasi ini semakin memotivasi dan menjadi spirit bagi semua pihak agar tetap berprestasi meski di tengah kondisi sulit seperti pada masa pandemi,” tuturnya.

Merdeka Award merupakan ajang penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada mereka yang berjuang, menginspirasi, dan membantu mengatasi pandemi Covid-19. Pemimpin Redaksi merdeka.com Ramadhian Fadillah, Merdeka Award 2021 mengusung tema Inspirasi di Tengah Pandemi.

Pemberian penghargaan sebagai apresiasi bagi mereka yang berjuang pada masa Pandemi Covid-19. Merdeka Award bukanlah sebuah kompetisi yang melahirkan para pemenang.

“Ini adalah cara kami memberikan apresiasi untuk bapak ibu yang telah memberikan inspirasi kepada banyak orang di tengah segala keterbatasan sosial akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Adapun kategori penghargaan meliputi Desa dengan inisiatif digital menuju pemulihan ekonomi. Daerah dengan program inspiratif bagi UMKM di masa pandemi. Sosok Inspiratif di tengah pandemi. Program kepedulian sosial dalam membantu dampak Covid-19. Daerah dengan kesetiakawanan yang menginspirasi serta kategori program inovatif kementerian saat pandemi Covid-19.

“Penentuan penerima penghargaan bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Komunikasi dan Informatika,” ungkapnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI