Pemkab Kulonprogo Raih Predikat Baik Anugerah Meritokrasi Komisi ASN

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Dalam rangka penilaian terhadap penerapan sistem merit dalam pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan anugrah meritokrasi. Berdasarkan evaluasi dan penilaian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo berhasil memperoleh predikat ‘Baik’ dalam pencapaian penerapan sistem merit bagi ASN.

Perhargaan disampaikan langsung Ketua KASN Prof Agus Pramusinto MDA dan diterima Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Sudarmanto SIP di Westin Hotel, Surabaya.

Bupati setempat Drs H Sutedjo mengucap syukur di penghujung tahun 2021, Pemkab Kulonprogo mendapatkan Anugerah Meritokrasi dari KASN RI. “Penganugerah dengan predikat ‘Baik’ merupakan pengakuan bahwa pembinaan kepegawaian dengan sistem Merit di Kulonprogo sudah on the track

. Karena itu kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan keterlibatannya dalam hal ini,” kata bupati di ruang kerjanya, Jumat (10/12).

Mengingat penilaian dilakukan rutin setiap tahun maka pihaknya berharap pada tahun-tahun mendatang Pemkab Kulonprogo meningkatkan nilai dan predikat yang lebih tinggi sekaligus sebagai indikator penerapan sistem merit yang semakin baik.

Sementara itu Kepala BKKP Kulonprogo Sudarmanto SIP mengatakan, penerapan sistem merit meliputi area perencanaan dan pengadaan ASN, kompetensi jabatan ASN, penempatan ASN, pengembangan karier, sistem informasi kepegawaian, mutasi dan promosi serta kinerja. “Dengan capaian penerapan sistem merit menunjukkan pengelolaan ASN di Kulonprogo telah memenuhi kaidah tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya dalam sistem merit,” ungkapnya.

KASN merupakan lembaga yang bertugas mengawasi penerapan sistem merit di instansi pemerintah dalam kebijakan dan manajemen ASN. Dalam melakukan fungsi pengawasan tersebut, KASN membangun sebuah instrumen penilaian secara mendiri untuk seluruh instansi pemerintah berdasarkan metode penilaian mandiri. Instrumen dimaksud adalah Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit (Sipinter). Tujuan penggunaan Aplikasi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam mengevaluasi sistem merit sehingga mempermudah KASN dalam menjalankan sistem pengawasan.

“Sipinter diciptakan sebagai instrumen untuk menilai tingkat penerapan sistem merit di instansi pemerintah. Penilaian ini bersifat objektif dan terstandar berdasarkan metode self-assessment

atau penilaian mandiri sesuai Peraturan KASN nomor 5/2017 tentang Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di lingkungan instansi pemerintah,” kata Ketua KASN Agus Pramusinto di sela penyerahan anugerah. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI