Pemkab Tak Akan Perbaiki Ruas Jalan Congot – Glagah

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Ir Gusdi Hartono menegaskan Pemkab Kulonprogo tidak akan melakukan perbaikan ruas jalan Congot-Glagah yang merupakan jalur alternatif menuju Objek Wisata Pantai Glagah, Kecamatan Temon.

“Tahun ini tidak ada rencana perbaikan Jalan Congot-Glagah. Apalagi kawasan jalur tersebut nanti akan dijadikan kawasan green belt atau sabuk hijau bandara dan wisata hutan berdasarkan detail enginering desain (DED) Penataan Pantai Glagah yang disusun Dinas Pariwisata,” katanya.

Baca juga :

Terdakwa OTT KPK Gabriella Minta Dibebaskan, Rindu Keluarga
Balon PDIP Tunggu Rekomendasi, Ini Alasan BWH Masukkan Nama di Dua Kabupaten

Sepengetahuannya, ruas jalan tersebut nanti diperuntukkan pejalan kaki. Kepala Sarana Prasarana Bidang Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata Kulonprogo, Fitrilianawati menyatakan, dalam APBD Murni 2020 hanya tiga proyek yang digarap dinas tersebut.

Meliputi renovasi Dermaga Wisata Glagah, Penataan Pantai Glagah dan rehab kios di kawasan Objek Wisata Puncak Suroloyo, Samigaluh. Sehingga ruas Jalan Congot-Glagah tidak ada rencana perbaikan. Ditegaskan, ruas Jalan Congot-Glagah bukan jalur wisata sehingga perbaikan bukan kewenangan Dispar.

Mengacu DED Penataan Pantai Glagah, ruas jalan tersebut kemungkinan tidak lagi digunakan. Sebab, kawasan lahan di selatan Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) akan jadi sabuk hijau bandara.

Sebelumnya pelaku wisata Pantai Glagah tergabung dalam Paguyuban Usaha Penginapan Mandiri Maju Bersama secara swadaya memperbaiki ruas Jalan Congot-Glagah dengan cara menutup sejumlah lubang menggunakan pasir yang dibeli dari iuran. (Rul)

BERITA REKOMENDASI