Pencari Kerja Pabrik Batam Membludak

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Minat masyarakat Kulonprogo untuk bekerja di pabrik wilayah Batam, hingga kini masih sangat tinggi. Terbukti perekrutan tenaga kerja Batam yang dibuka sebuah perusahaan melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo, Senin (22/08/2016) dibanjiri calon tenaga kerja dari berbagai kecamatan se-Kulonprogo.

Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kulonprogo, Heri Darmawan menyampaikan, perusahaan Batam membuka lowongan dengan kebutuhan 100 pekerja. Namun animo calon tenaga kerja cukup tinggi, dengan pendaftar mencapai lebih dari 250 orang. "Perekrutan ini kita lakukan setiap pekan. Animonya selalu seperti ini," kata Heri disela perekrutan.

Diungkapkannya, pencari kerja untuk pabrik Batam ini didominasi usia 18-25 tahun. Sebagian besar mengantongi ijazah SMA atau SMK dengan keahlian berbeda-beda. Di Kantor Dinsosnakertrans, para pencari kerja menjalani serangkaian tes, mulai dari fisik seperti tinggi badan, persyaratan administratif, tes tertulis, wawancara, hingga tes kesehatan.

Heri berpendapat, minat masyarakat untuk bekerja di Batam masih tinggi lantaran pendapatan yang diperoleh di sana terbilang tinggi. Selain mendapatkan gaji sesuai UMP, mereka juga memperoleh fasilitas penginapan dengan perlindungan tenaga kerja sesuai standar.

Salah satu pencari kerja, Budi Setyawati (25) menyampaikan, dirinya sangat berminat bekerja di Batam lantaran pengasilan yang diperoleh terbilang tinggi. Berdasarkan pengalamannya beberapa tahun lalu, setiap bulan ia bisa mendapatkan gaji dan tunjangan hingga Rp 5 juta.

Budi mengaku memperoleh informasi tentang lowongan kerja di Batam ini dari jejaring sosial Facebook. Ia kemudian mencoba peruntungan bersama teman-temannya. "Mudah-mudahan bisa diterima, supaya bisa memperoleh penghasilan yang lumayan," harapnya. (Unt)

BERITA REKOMENDASI