Pengembangan Potensi Alam ‘Ngargosari’ Harus Libatkan Kelompok-kelompok Masyarakat

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo menegaskan, wilayah Kelurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh memiliki modal keindahan alam yang cukup bagus dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

“Sehingga butuh program kerja dan tangan kreativitas agar semua potensi alam yang ada tersebut bisa didayagunakan sekaligus memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya menanggapi Focus Group Discussion (FGD) Kajian Pemanfaatan Teknologi Digital Guna Mempromosikan Potensi Desa Wisata di Balai Kelurahan Ngargosari, Samigaluh, Senin (13/9).

Nampak hadir Ir Sukandar dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo Joko Mursito SSn. Sementara itu anggota DPRD Kulonprogo asal Samigaluh, Suharto mengatakan, dalam membangun dan mengembangkan wilayah diperlukan sinergitas seluruh unsur terutama kelompok-kelompok masyarakat.

“Dalam upaya membangun sebuah kawasan diperlukan peran serta kelompok-kelompok masyarakat, sehingga membangun sinergitas merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kelestarian hasil pembangunan tersebut,” jelasnya.
Suharto menyebutkan kelompok-kelompok masyarakat yang perlu dibina dan sudah ada di Kelurahan Ngargosari antara lain kelompok wanita tani (KWT), kelompok usaha kuliner, kelompok home stay

, kelompok kesenian, kelompok pemuda dan kelompok ternak.

“Mereka harus dilibatkan sebagai implementasi dari pemberdayaan potensi lokal,” ujar anggota Fraksi PKB tersebut menambahkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes/Kalurahan) Ngargosari memiliki unit simpan pinjam, bidang usaha Bisa Mart dan Perthashop.(Rul)

 

BERITA REKOMENDASI